Indeks Kepuasan Pelanggan Periode Juni – Oktober 2014

Kepuasan pelanggan oktober 2014

Survey Kepuasan Pelanggan terhadap “Pelayanan Data dan Informasi” pada Stasiun Kliatologi Darmaga Bogor telah dilakukan. Survey dilakukan sejak tanggal 1 Juni 2014 sampai dengan tanggal 20 Oktober 2014. Metode survey dengan memberi isian kuisioner kepada pelanggan yang datang ke stasiun dalam rangka mendapatkan data maupun informasi. Sebanyak 55 responden telah bersedia memberi jawaban pada kuisioner.

 

Kepuasan pelanggan oktober 2014_seluruh

 

Gambar 2. Persentasi rekapitulasi indeks kepuasan pelanggan pelayanan data

Poin yang dituangkan dalam isian kuisioner menyangkut beberapa hal, antara lain :

  1. Kemudahan akses lokasi / stasiun
  2. Kebersihan ruangan pelayanan
  3. Sarana dan prasarana ruang pelayanan
  4. Kelengkapan ruangan pelayanan
  5. Penampilan petugas
  6. Kelengkapan data hujan Jawa Barat
  7. Kelengkapan data Iklim Jawa Barat
  8. Kecepatan waktu pelayanan
  9. Kesan keseluruhan terhadap pelayanan
  10. Tingkat kepuasan atas pelayanan

 

Ekspresi pelanggan diukur dengan 5 skala :

  1. Sangat Kurang
  2. Kurang
  3. Cukup
  4. Baik
  5. Sangat Baik

 

Hasilnya sebanyak :

  • 54% Pelanggan merasakan BAIK
  • 32% Pelanggan merasakan SANGAT BAIK
  • 12% Pelanggan merasakan CUKUP.
  • 2% Pelanggan merasakan KURANG.

Item pelayanan yang masih dirasakan KURANG oleh pelanggan antara lain :

  • 7% Pelanggan merasakan kurang terhadap AKSES JALAN ke Stasiun Klimatologi Darmaga Bogor.
  • Sebanyak 6% dan 4% masing-masing pelanggan merasakan kurang pada KELENGKAPAN DATA IKLIM dan DATA HUJAN JAWA BARAT.
  • 2% pelanggan merasakan kurang terhadap KEBERSIHAN RUANGAN, KELENGKAPAN RUANGAN PELAYANAN dan PENAMPILAN PETUGAS.

Kepuasan pelanggan oktober 2014_item

Gambar 3. Indeks Kepuasan masing – masing bagian pelayanan data dan informasi.

 

© admin@bogor