Kegiatan SLI 2 Tahap 2 Jawa Barat Tahun 2014

Peningkatan pemahaman informasi iklim dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya melalui “Sekolah Lapang Iklim (SLI)”, khususnya kepada para petugas Penyuluh Pertanian Lapang (PPL) dan secara umum kepada para petani di jajaran pemerintah daerah kabupaten. Informasi seperti Prakiraan Musim Hujan / Kemarau, Analisis dan Prakiraan Hujan Bulanan, Ketersediaan Air Tanah dan Monitoring Kekeringan Bulanan yang diharapkan bermanfaat untuk mendukung berbagai kegiatan, terutama sektor pertanian. Informasi tersebut memuat berbagai batasan kriteria, terminologi serta istilah teknis yang belum banyak dipahami oleh para pengguna, sehingga pemanfaatannya belum optimal bahkan seringkali salah menginterprestasi dalam menggunakan informasi tersebut.

Maksud penyelenggaraan SLI tersebut untuk membangun pengetahuan petani tentang pengamatan unsur/gejala cuaca dan iklim dan kaitannya dengan kegiatan pertanian yang selanjutnya diharapkan mampu untuk diaplikasikan dalam strategi budidaya yang lebih baik. Adapun tujuannya untuk membantu pemahaman petani dalam menterjemahkan informasi iklim serta membentuk Kelompok Tani yang memiliki motivasi tinggi untuk membangun kegiatan agribisnis mereka, dimana Informasi Iklim digunakan sebagai salah satu faktor dalam penyusunan strategi dan pengambilan keputusan.

SLI (Sekolah Lapang Iklim) 2 Tahap 2 Propinsi Jawa Barat tahun 2014 kembali diselenggarakan sebagai kelanjutan dari pelaksanaan kegiatan SLI sebelumnya yang merupakan kerjasama antara AusAID, BMKG dan Dinas Pertanian Kabupaten Bogor. Kegiatan ini mengambil tempat di Hotel Mirah, Jl. Pangrango 9A Bogor dari tangga 21 – 24 September 2014. Para peserta diundang sebanyak 25 orang, terdiri dari 12 orang PPL, 9 orang POPT, 2 orang dari PJT dan 2 orang dari SMPK.

Acara dibuka oleh Koordinator Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Jawa Barat M. Hidayat, S.Si. pada hari Senin tanggal 22 September 2014 dan pengarah dari BKP5K Kabupaten Bogor Dr. Ir. Siti Farika. Dihadiri pula oleh Wakil Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bogor, Kepala Stasiun Klimatologi Pondok Betung dan pejabat teras Stasiun Klimatologi Darmaga Bogor.

SLI 2 Tahap 2 Jawa Barat 2014

Suasana pembukaan SLI 2 tahap II Jawa Barat tahun 2014

DSC07222

Para peserta sedang mengikuti pembukaan SLI 2 tahap II Jawa Barat 2014

DSC07252

Foto bersama semua peserta dengan para pejabat teras pada pembukaan

DSC07309

Peserta sedang mengikuti proses pembelajaran interaktif pengenalan unsur cuaca dan iklim

DSC07437

Kunjungan lapangan pad ataman alat Stasiun Klimatologi Darmaga Bogor

DSC07477

Praktek pembentukan awan dan hujan

DSC07523

Proses pembelajaran statistic untuk iklim oleh nara sumber dari IPB Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *