Observasi

Kegiatan Operasional teknis Stasiun Klimatologi Darmaga Bogor, diawali dengan pengamatan, pengumpulan, penyebaran data cuaca dan iklim serta kualitas udara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pengolahan dan analisa serta pelayanan jasa / informasi meteorologi, klimatologi dan kualitas udara.

PENGAMATAN METEOROLOGI, KLIMATOLOGI DAN AGROKLIMATOLOGI

1. PENGAMATAN SINOPTIK

Pengamatan Cuaca Permukaan ( Synop ) dilakukan dengan peralatan konvensional dan otomatis pada tiap-tiap jam synop dengan waktu pengamatan ( jam H – 10 menit ) yakni jam : 00, 06 dan 12 GMT dan jam synop antara yakni : 03, 09 dan 15 GMT disamping jam-jam genap lainnya.

Hasil pengamatan synop dicatat dan diketik dalam buku Me.48 dan Me. 45 serta di entry ke Komputer hingga menjadi data dalam bentuk digital.

Pengamatan unsur-unsur cuaca permukaan yang diamati meliputi Temperatur udara, Titik embun, Kelembaban udara, Tekanan Udara,      Angin ketinggian 10 m, Awan, Radiasi Matahari, Jarak Pandang/Visibility dan Curah Hujan.

Pengamatan unsur-unsur Iklim ( F-Klim 71 ) dilakukan setiap jam 07, 13 dan 18 WIB, demikian juga pengamatan unsur-unsur berita Climat dilakukan setiap jam 07, 12 dan 17 WIB.

Unsur-unsur Iklim ( F-Klim 71 ) dan Berita Climat merupakan olahan dari hasil pengamatan unsur-unsur cuaca permukaan ( Synop ).

2. PENGAMATAN AGROKLIMATOLOGI

Unsur-unsur pengamatan agroklimatologi berhubungan dengan          tanaman semusim.

Pengamatan agroklimatologi dilakukan setiap hari jam 06.30; 13.30 ; 14.00 dan 18.00 WIB. Adapun unsur-unsur yang diamati adalah : Curah Hujan, Evaporasi Kesner, Kecepatan Angin 50 cm dan 200 cm.

Pengamatan dibagi dalam dua tempat yaitu tanah bervegetasi dan  tanah tidak bervegetasi (tanah gundul).

Untuk pengamatan pada tanah bervegetasi meliputi temperatur tanah dengan kedalaman 0, 2, 5, 10, 20, 50 dan 100 cm, Temperatur pada sangkar ketinggian 20 cm dan 120 cm, Penguapan dengan Open Pan dan Piche Evaporimeter.

Untuk pengamatan pada tanah tidak bervegetasi meliputi temperatur tanah dengan kedalaman 0, 2, 5, 10, 20, 50 dan 100 cm, Penguapan dari Open Pan Evaporimeter.

3. PENGAMATAN IKLIM MIKRO

Pengamatan Iklim Mikro merupakan Pengamatan Agroklimatologi yang menghubungkan unsur cuaca dengan tumbuhan tahunan (tanaman keras, dan tanaman buah-buahan) denga ketinggian 4, 7 dan 10 m. Unsur-unsur yang diamati adalah Temperatur, Kelembaban Udara dan Penguapan dengan Piche Evaporimeter dan Kecepatan angin rata-rata pada setiap ketinggian tersebut diatas.

4. PENGAMATAN FENOLOGI

Fenologi mengamati pertumbuhan dan perkembangan organisme dan atau tumbuhan dalam hubungannya dengan perubahan-perubahan cuaca / iklim.

Faktor cuaca / iklim yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman antara lain :

  • Curah hujan dan distribusi hujan
  • Radiasi Matahari
  • Suhu Udara

Di Stasiun Klimatologi Darmaga Bogor pengamatan fenologi dilakukan satu minggu sekali setiap hari Selasa, dengan radius jarak kurang lebih 5 Km dari lokasi Stasiun Klimatologi Darmaga Bogor.

Ada tiga katagori pengamatan tanaman yakni : tanaman semusim, tanaman buah yang berbuah sepanjang tahun dan Tanaman buah yang berbuah musiman.

Adapun tanaman tersebut adalah :

tanaman